Beternak, hobby yang menyiksa diri??

Bisa jadi! Tapi jika Anda hidup desa, punya lahan menganggur lebar tapi tidak punya binatang ternak, rasanya kok ya Mubajir! Itu menurut pendapat saya. Apalagi saya sangat suka berkebun. kebun bukan sembarang kebun. tapi kebun organik. Pupuk dan Pestisida yang di gunakan berasal dari alam dan non kimia.

Bayangkan berapa banyak uang yang harus saya keluarkan untuk menjaga agar tanaman tetap subur? Apalagi harga pupuk kandang sekarang sangat mahal. Solusi satu-satunya adalah memelihara bianatang ternak yang bisa memproduksi pupuk kandang. Solusi yang ringan adalah memelihara ayam dan kambing. Dan itulah yang saya lakukan.

Karena ini hanya sekedar hobby dan tidak Money Oriented, maka saya sebisa mungkin menekan biaya produksi dan pemeliharaan. Caranya adalah mengerjakan sendiri semua pekerjaan yang berhubungan dengan binatang ternak tersebut. Seperti memberi makan, mencarikan pakan dan membersihkan kandang.

Baca Juga

Awalnya saya merasa kalau ini adalah suatu penyiksaan. Tapi lama kelamaan saya menemukan keasyikan tersendiri. Mencari rumput untuk pakan kambing sangat menantang. Memilih pakan yang bagus dan berkualitas adalah tanggung jawab moral. jangan sampai kambing makan pakan yang tidak berkualitas. 

Perbandingannya adalah diri sendiri. Kita aja kalau di kasih makanan yang tidak berkualitas nggerundel. Jadi mencari makan kambing (Ngarit/Nyuket) adalah seni memelihara kambing. Jika mencari makan saja harus di upahkan, maka seni beternaknya di mana?

Banyak yang menertawakan pilihan saya beternak kambing sebagai hobby. Karena bagi mereka yang melihat, beternak kambing adalah bentuk penyiksaan diri. Orang yang melihat saya mencari rumput akan komentar, "mau-maunya di kerjain kambing..."

Saya tidak mau di kerjain kambing. tapi jika berkomitmen memelihara ternak, apalagi sebagai hobby, maka kita bertangung jawab untuk memenuhi kebutuhan pakannya. Itu adalah tangungjawab moral para peternak. Jangan sampai binatang ternak mati karena kelaparan. Karena itu berdosa besar....!

Tambahkan Komentar Sembunyikan

more Quotes