Teknik Bertahan di Alam - Diktat Pendidikan Dasar Pencinta Alam

Teknik Bertahan di Alam. Tinggal disekitar hutan rimba itu penuh tantangan. Apalagi jika hutannya hutan perawan alias hutan yang belum pernah di rambah manusia. Dulu waktu kuliah, pernah mau ikut PA. Tapi karena penuh cobaan, akhirnya gagal dan terpaksa mengundurkan diri saat selesai PDCAP. Semua karena ospek anggota baru yang menggodok mental. Dan mentalku tidak cukup kuat untuk menjalani itu. Saya sangat menyukai kegiatan di alam, tapi tidak cukup kuat untuk menjadi motivasi ikut PA.

Namun begitu, meski tak pernah menjadi angggota Pecinta Alam, tapi saya pernah ikut PDCAP (Pendidikan Dasar calon Anggota Pecinta Alam). Dan sampai sekarang diktat pelatihan itu masih kusimpan. Dan saya berniat membaginya dalam blog ini, siapa tahu bermanfaat untuk siapa saja yang butuh informasi seputar perjalanan lintas alam. 


Perjalanan lintas Alam itu tidak mudah. Butuh persiapan khusus agar perjalanan menjadi lancar dan selamat pergi pulang. Pertama-tama yang perlu di lakukan seelum melakukan perjalanan Lintas Alam adalah membuat rencana. Rencana sangat penting dan butuh ketelitian khusus. Tidak semua orang bisa membuat rencana perjalanan. Banyak faktor yang perlu di perhatikan dalam merencanakan sebuah perjalanan. Diantaranya:
  1. Menentukan Tujuan
  2. Mencari data lokasi
  3. Menentukan waktu perjalanan
  4. Mendata peserta yang akan ikut perjalanan
  5. Menyusun kegiatan yang akan dilakukan selama perjalanan
  6. Mempersiapkan kondisi fisik dan mental
  7. Menyiapkan materi dan peralatan yang di butuhkan
  8. Mengetahui jenis Birokrasi yang di perlukan


Setelah perencanaan di buat, maka yangt perlu di lakukan selanjutnya adalah menyiapkan perlengkapan yang di perlukan untuk perjalanan. Ada beberapa gaktor yang perlu di perhatikan saat hendak menyiapkan perlengkapan untuk sebuah perjalanan lintas alam. Diantaranya:
  1. Mengenal jenis medan yang di hadapi
  2. Menentukan tujuan perjalanan
  3. Mengetahui lamanya perjalanan
  4. Mengetahui kemampuan fisik dalam membawa beban
  5. Memperhatikan hal-hal khusus

Ada beberapa jenis perjalanan sesuai dengan medan yang akan di tempuh:
  1. Pendakian gunung
  2. Penjelajahan hutan rimba
  3. Penyusuran sungai
  4. Pelayaran
  5. Pemanjatan tebing


Next: Perlengkapan Dasar Lintas Alam

Tambahkan Komentar Sembunyikan

more Quotes