Apa perbedaan Iblis, Jin, Siluman dan Setan?

Apa perbedaan Iblis, Jin, Siluman dan Setan? Beda Iblis, Jin, Setan dan siluman sangat tipis. Kita sering menganggap keempatnya adalah satu entitas yang sama. Padahal sebenarnya berbeda.

Sudah sejak lama saya ingin menulis tentang beda Iblis, Jin, Siluman dan setan tapi baru sekarang kesampaian. Secara saat ini saya sedang suka membahas tentang praktek exorcism ibu Ningsih Tinampi  dalam proses pengobatan alternatif nya.

Dalam Alquran Surat Al Kahfi ayat 50 disebutkan bahwa Iblis adalah golongan Jin.

وَإِذْ قُلْنَا لِلْمَلَائِكَةِ اسْجُدُوا لِآدَمَ فَسَجَدُوا إِلَّا إِبْلِيسَ كَانَ مِنَ الْجِنِّ فَفَسَقَ عَنْ أَمْرِ رَبِّهِ

Artinya: “Ingatlah ketika Kami berkata kepada para malaikat, ‘Sujudlah kallian kepada Adam!’ maka mereka semua-pun sujud kecuali Iblis. Dia dari golongan jin dan membangkang dari perintah Allah.” (QS. Al-Kahfi: 50)




IBLIS ADALAHJin yang membangkang perintah Allah dan hidup abadi sampai hari kiaamat.

JIN ADALAH  makhluk Allah yang diciptakan dari nyala api. 

SILUMAN ADALAH penjelmaan dari Jin Qarin Manusia yang telah mati.
Namun sebagian ahli kebatinan seperti bu Ningsih Tinampi berpendapat kalau Siluman adalah jelmaan dari arwah manusia yang semasa hidupnya banyak berbuat kejahatan. (Tapi secara pribadi, saya lebih memilih pendapat yang pertama, karena saya punya analisa sendiri yang semuanya di dasarkan pada ucapan Ulama dan ucapan bu Ningsih.)

SETAN ADALAH  sebutan (kata sifat) untuk makhluk yang berbuat jahat, baik dari golongan Jin ataupun manusia. Seperti yang di sebutkan dalam Surat An-Nas:6.

Sesuai dengan definisi diatas makak perbedaan Iblis, Jin, Siluman terletak pada tujuan diciptakannya dan kekekalan hidupnya. Iblis hidup kekal, sementara Jin dan siluman akan mati. Sedangkan Setan adalah sebutan untuk iblis, dan jin serta siluman yang suka memperdaya manusia dan berbuat jahaat.

Demikianlah Perbedaan Iblis, Jin, Siluman dan Setan menurut pendapat saya. Semoga bermanfaat.

Jika ada yang punya pendapat lain dan ingin membaginya, silahkan meresponya lewat Komen di bawah Ini.

Saya akan menerima dengan lapang dada setiap komen dan kritikan yang sifatnya membangun. Tapi menolak tegas segala bentuk bullyan dan cacian yang tidak memiliki dasar.

Tambahkan Komentar Sembunyikan

more Quotes