Iblis adalah

IBLIS ADALAH segolongan Jin yang mendapat anugrah keabadian sampai hari kiamat yang tugaasnya menyesatkan manusia dan menjauhkannya dari jalan Allah.

Dalam Alquran Surat Al Kahfi ayat 50 disebutkan bahwa Iblis adalah golongan Jin.

وَإِذْ قُلْنَا لِلْمَلَائِكَةِ اسْجُدُوا لِآدَمَ فَسَجَدُوا إِلَّا إِبْلِيسَ كَانَ مِنَ الْجِنِّ فَفَسَقَ عَنْ أَمْرِ رَبِّهِ

Artinya“Ingatlah ketika Kami berkata kepada para malaikat, ‘Sujudlah kallian kepada Adam!’ maka mereka semua-pun sujud kecuali Iblis. Dia dari golongan jin dan membangkang dari perintah Allah.” (QS. Al-Kahfi: 50)

Dari ayat diatas dapat kita ketahui bahwa IBLIS adalah Jin yang membangkang perintah Allah. Semua Jin yang membangkang perintah Allah di sebut Iblis. Dan Jin yang tidak membangkang perintah Allah tetap di sebut Jin.


Semua makhluk ciptaan Allah akan mati. Kecuali Iblis yang mendapat karunia Allah untuk hidup kekal abadi sampai hari kiamat. Kekekalan hidup Iblis disebutkan dalam Al Quran:

قَالَ رَبِّ فَأَنْظِرْنِي إِلَى يَوْمِ يُبْعَثُونَ

Artinya: “Iblis berkata: Ya Tuhanku, berilah aku waktu sampai hari mereka (manusia) dibangkitkan.” (QS. Al-Hijr: 37)

Dan Allah ta'ala merespon keinginan Iblis:

قَالَ فَإِنَّكَ مِنَ الْمُنْظَرِينَ ( ) إِلَى يَوْمِ الْوَقْتِ الْمَعْلُومِ

Artinya“Allah berfirman: “Sesungguhnya kamu termasuk orang yang diberi waktu. Sampai batas waktu yang telah ditentukan.” (QS. Al-Hijr:  38).

Dari sini kita bisa tahu bahwa Iblis berbeda dengan Jin. Meski Iblis sebenarnya adalah bangsa Jin. Kaitannya adalah jika Jin adalah kata umum, maka Iblis adalah kata khusus.

Iblis telah bersumpah untuk menyesatkan manusia yang merupakan anak cucu Adam sebagai balas dendam karena telah membuat dirinya di usir dari surga. Dan Allah telah mengabulkan Sumpah Iblis tersebut. Sepanjang hayatnya, pekerjaaan Iblis adalah menyesatkan Manusia.

Tambahkan Komentar Sembunyikan

more Quotes