My Passion for Biologi

Passionku untuk Biologi. Sejak masa sekolah, aku sangat suka pelajaran Biologi. Di SD, Biologi termasuk dalam mata pelajaran IPA (Ilmu pengetahuan Alam). Di SMP, juga termasuk dalam mata pelajaran IPA. Baru saat di SMA, Biologi menjadi Bidang Study dan di pelajari secara lebih detail.  

Sepertinya sepanjang pendidikan, aku selalu mempelajari Biologi. Bahkan ketika duduk diangku kuliahpun, aku masih belajar Biologi, yaitu Biologi Pertanian. 

Apakah Ilmu Biologi ada hubungannya dengan Pertanian??

Tentu saja! Seperti kita ketahui, Biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup. Dari yang paling kecil (jasad renik) hingga yang multiseluler seperti kita ( Manusia). Tumbuhan dan hewan juga termasuk makhluk hidup dan di pelajarai dalam biologi. Sementara Pertanian, berkaitan erat dengan hewan dan tumbuhan. Jadi, Biologi dan Pertanian adalah dua hal yang tidak bisa di pisahkan.


Untuk belajar Pertanian, maka seseorang harus punya dasar ilmu biologi. Karena ilmu biologi banyak di terapkan dalam bidang pertanian diantaranya:

1. Untuk memahami dan mengerti proses pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan dan hewan.
2. Dalam proses regenerasi dan reproduksi tumbuhan dan hewan, untuk menemukan bibit unggul yang mampu meningkatkan hasil pertanian.
3. Untuk mengetahui zat-zat penting yang di butuhkan tubuh dan yang di kandung oleh bahan pangan
4. Mengetahui manfaat dan khasiat berbagai jenis tumbuhan dan hewan untuk kelangsungan hidup manusia.
5. Menemukan dan merekaya berbagai unzur hara yang di butuhkan tumbuhan serta zat-zat yang bisa mengendalikan hama dan penyakit tanaman.
6. Mengetahui pengaruh lingkungan  terhadap keberhasilan suatu proses pertanian, dll.

Diriku sendiri, saat ini punya passion di bidang pertanian. Sebagai seseorang yang hobby bertani atau berkebun, mengetahui dan memahami ilmu Biologi itu sangat penting. Karena bisa menunjang keberhasilan proses pertanian yang sedang saya tangani saat ini.

Karena itu, dalam Blog Pribadi ini, saya ingin berbagi sedikit pengetahuan tentang Biologi dan Pertanian, baik dalam bentuk materi pelajaran dan pengalaman di lapangan. Siapa tahu, pengetahuan saya sedikit ini bisa menjadi pelengkap bagi mereka yang membutuhkan second opini.

So, stay tune di Beyond ya... 
Jangan sampai ketinggalan!
Percaya deh, apa yang akan saya bagikan ini pasti akan bermanfaat bagi siapa saja yang membutuhkan. Dan seperti biasa, Sharing is Caring. Dan prinsip tetap sama, No Hoax! 


Tambahkan Komentar Sembunyikan

more Quotes