Jangan Membuka Aib orang lain!

Jangan Membuka Aib orang lain! It was one of the comments in my post that was viral in a Facebook group called KBM. In that group I also felt how to become a bully victim.
  • Loe-zie VervalaLoe-zie Vervala Pernah ada ceramah dr alim ulama yg membahas ttg ini..
    D saat ada seorang makmum yg berkata...' jangan membuka aib org lain ' ustad tsb menjawab..
    Baik...jika si A (beliau menyebutkan nama) melakukan zina...Demi Allah...maka saya akan menutupi aib nya..karena itu mmg gibah namanya...
    Karena itu dosa yg merugikan dirinya sendiri.
    Tp jika si A tlh mendzolimi rakyat. Merugikan banyak org..
    ( Beliau sebutkan apa2 saja yg tlh d lakukan org yg d maksud)
    Ustad tsb berkata. Itu bukan gibah, saya wajib mengingatkan sekitar saya ..agar tdk salah dlm memilih dan ikut memikul dosa karena tlh salah memilih nya..
    Kira-kira begitu isi video dr ceramah ustad tsb ..
     Replies
    • احمر فاتحاحمر فاتح Iya saya stuju ini,👍
    • Loe-zie VervalaLoe-zie Vervala Meluruskan sebuah pemikiran itu bukan gibah..Mmg betul..gibah adalh membicarakan kejelekan org lain kpd org lain ld..
      Tp sebuah kedzoliman itu adalah kejahatan,dan membicarakan kejahatan yg telah di lakukan org lain itu agar kita tdk terkena hal yg sama jelas bukan gibah...
    • Iswandi IdrisIswandi Idris Bicara langsung gak ghibah...
    • Loe-zie VervalaLoe-zie Vervala Iswandi Idris masuk..
    • Queentania JuwitaQueentania Juwita Loe-zie Vervala iya saya juga denger. Kalau ga salah itu isi ceramah Ustadh Abdul shomad
    • May ZulaikhaMay Zulaikha Saya juga pernah mendengar ada yg ceramah spti itu. Membongkar keburukan orang yg punya kans untuk merugikan orang banyak itu boleh, selama keburukan itu benar2 di lakukan, ada buktinya, ada saksinya. Bukan berdasarkan dugaan, prasangka, kata orang, dll nya yg didasari oleh rasa tidak suka dan sbginya...
    • Queentania JuwitaQueentania Juwita May Zulaikha okeh. Yg bukan prasangka ya mba. Mau aku sajiin fakta berupa data apa opini nih. Cuma ntar kalo aku udah capek2 ga ditanggepin buat apa kan. Punya paket data kan. Sok di searching. Punya akal pikiran dan nurani kan. Sok dipake.  Kalau udah dipake tetep ga keliatan. Berarti IQ sekolam itu bener2 bukan hoax berarti
    • Huda MardhaHuda Mardha Itu ceramah cak nur.. Saat ada salah satu jamaah yg protes gak boleh ghibahi pemerintah..
    • Loe-zie VervalaLoe-zie Vervala Betul..ceramah cak nur.. Alhamdulillah kalo banyak yg dgr😘
    • May ZulaikhaMay Zulaikha Queentania Juwita silahkan mbak, utarakan saja jgn sungkan. Semua akan sy tanggapi. Tp tentu saja secara bertahap... Krn saya terikat oleh waktu & kesempatan.. ☺️
    • Queentania JuwitaQueentania Juwita May Zulaikha sejujurnya saya udah males mendebat anda mba yang suci tanpa dosa. Apalah saya kan cuma remahan rengginang. Toh saya udah baca disini semua pertanyaan jawabnya gampang ngeles kaya bajaj. Terakhir saya komen. Mudah2an saya dan anda dapat hidayah. Aamiinn
    • May ZulaikhaMay Zulaikha Queentania Juwita aamiin. Ya sudah. Yg penting sudah sy persilahkan. Itu bukan ngeles, tp beragumen. Klu anda tidak bisa mematahkan argumen saya... Ya bukan salah saya dong. Klu mau jujur, susah lho balas komen2 kyk komen mbak ini yg sebagian besar bisanya cuma menuding, mencela, bahkan ada yg sampai memfitnah. Dengan satu tujyan agar saya setuju dengan pendapat mereka. ☺️. Agar tidak terpancing dan mjd spti kalian, Sy harus mengeluarkan semua pengetahuan, perbendaharaan kosa kata & kontrol diri, agar tidak membalas dgn kata2 kasar yg sama... Untuk menunjukan bahwa standar moral saya lebih tinggi daripada kalian yg suka menghujat dan mencela padahal tidak paham masalah. Sekian untuk Anda. Terima kasih sudah komen. ☺️

Tambahkan Komentar Sembunyikan

more Quotes