SAWAN, sakit karena sentuhan

Sawan adalah sakit / kondisi yang tidak nyaman karena bersentuhan denga makhluk supranatural. Begitu kata temanku.

"Sakit adalah pengugur dosa...." katanya. "Sakit mendekatkan manusia pada Rabbnya. Perbayak dzikir. Mohon kesembuhan. Ya Allah ya Syaafii, ya Allah ya Salam."

Sudah 1 bulan aku sakit. Sakitnya sedikit aneh. Setiap dipakai jalan tumit rasanya seperti ditusuk tombak. Hanya saat dipakai jalan. Saat dipakai duduk atau rebahan biasa aja. Ini jelas menyusahkan. Karena aku orang yang 'hiperaktif' suka kiwar-kiwir kesana kemari kayak gosokan.
Bayangkan betapa menderitanya?

Hampir setiap malam aku meruqyah diri, memohon kesembuhan. Tapi masih saja terasa sakit. Bahkan betis terasa kaku. Tapi anehnya, saat dipakai sholat dan setelahnya, terasa berkurang sakitnya. Tapi tak lama kemudian sakit lagi.

Semua obat alternatif sudah kucoba. Rendam daun sirih, dibalur tumbukan daun kelor pun sudah. Tetap tidak berkurang.

Saking gemesnya, akhirnya aku minta obat rematik pada kakak ku. Diberi tiga paket. Obat ini sangat manjur. Dulu saat aku masih suka ngetik di lappy, telapak dan pergelangan tangan sering sakit. Minum sekali saja langsung sembuh. Bahkan keseleo parah hingga saraf terjepit, minum obat itu langsung redah gejalanya.

Tapi sakit kaki ini, sudah minum 3 kali tak juga sembuh. Akhirnya untuk meredahkan sakitnya ku minum obat anti nyeri. Efeknya, dada sering berdebar tak menentu.
Akhirnya pasrah.

Terpaksa kunikmati saja sakitnya. Kalau tak kuat lagi,  minta pijet pada tetangga. Lumayan, agak ringan sih.  Saking sakitnya, setiap bangun duduk jalanku pincang. Sampai sama tetangga aku di godain, "kasihan kayak ninik-ninik..." 🀭

Nah....jumat kemarin, pagi2 aku lihat bunga mawar bermekaran. Tergerak untuk pergi menengok makam. Sudah sebulan tidak nyekar. Sambil membawa koret pergilah aku ke makam. (Oh ya, hampir barengan dengan sakit kaki, motor butut kesayanganku juga bikin ulah. Sudah beberapa minggu, kalau pagi, di stater g mau hidup. Jadi harus di engkol dulu.)

Sampai makam aku jongkok membersihkan rumput sambil berdoa. Biasa ..doa kirim arwah seadanya.  Selesai menabur bunga aku pulang dengan lancar. Motor bisa di starter. Kaki tidak begitu sakit lagi.

Kupikir mungkin karena berjemur diterik mentari pagi.

Dan ini sudah hari minggu. Sakit kakiku lumayan reda dan motor tiap saat kembali bisa distarter.
Jadi....?

Nikmat tuhanmu yang manakah yang mau kamu dustakan??

Ya Allah ya Syaafii
Ya Allah ya salam...

"Wah...penumpang gelapmu sudah pulang ke habitatnya.." kata teman mayaku lewat inbox.

Penumpang gelap apa??πŸ€”πŸ€”

"Sawan...." jawabnya.

Tambahkan Komentar Sembunyikan

more Quotes