Hai !!! Selamat membaca..! Semoga Bermanfaat...

Memperbaiki Kulkas Sharp 2 pintu bagian bawah tidak dingin

Memperbaiki sendiri Kulkas Sharp bagian bawah yang tidak dingin.  Kulkasku merk Sharp 2 pintu ku beli tepat 5 tahun yang lalu. Tiba-tiba 3 hari yang lalu kulkas bagian bawah menjadi tidak dingin. Aku kalang kabut. Karena di dalamnya banyak makanan olahan. Terpikir untuk memanggil teknisi Sharp, tapi karena aku tinggal di desa, pasti akan lama datangnya. Lalu ku putuskan untuk mencari solusi di Google dengan keyword "Kulkas Sharp 2 pintu bagian bawah tidak dingin".

Ternyata banyak sekali artikel yang muncul dengan keyword tersebut. Baik yang beerupa tulisan, ataupun Video Youtube. Setelah 2 hari bolak balik browsing internet untuk membaca dan menonton semua artikel dan video tutorial berkaitan dengan 'cara memperbaiki Kulkas Sharp 2 pintu yang bagian bawahnya tidak lagi dingin' akhirnya saya putuskan untuk mempraktekkan video tutorial itu.

Awalnya deg-degan juga sih, takut kalau gagal. Karena ini kali pertama aku melakukan repair kulkas sendiri. Tapi dengan tekad yang bulat dan semangat coba-coba yang membara akhirnya ku siapkan semua perlatan yang kuperlukan.

Dan lucunya, untuk memperbaiki kulkas bagian bawah yang tidak dingin tadi aku hanya butuh 1 peralatan saja, yaitu obeng kembang. Karena tidak punya obeng biasa, aku mengeluarkan obeng sparepart motor beat yang seumur-umur belum pernah digunakan. Pokoknya yang penting bisa untuk membuka baut saja sudah cukup.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang ku lakukan untuk memperbaiki kulkas bagian bawah yang tidak dingin berdasarkan video youtube.



1. Matikan Kulkas dengan mencabut kabel power dari colokan listrik
2. Buka pintu kulkas bagian atas dan keluarkan semua barang yang ada di dalamnya.
3. Buka baut yang ada di dinding kulkas bagian dalam. Ada 2. 
4. Tarik keluar penutup dinding kulkas dengan cara memasukan jari kedalam lubang baut.
5. Aku cek bagian evaporator, ternyata masih dingin. Bahkan masih ada bongkahan es nya.


6. Aku cek kipas evaporator. Ternyata kipas terlalu kedalam posisinya sehingga bersentuhan dengan casing rotor kipas angin. Dugaan ku, karena terlalu menempel ke casing rotor lah penyebab kipas kulkas tidak berputar. Untuk membuktikan dugaanku, aku hidupkan kulkas. Dan ternyata dugaanku benar.
7. Ku keluarkaan kipas kulkas dari posisinya dengan melepas baut yang membuatnya menempel di dinding kulkas.
8. Ku tarik bilah kipas angin keluar dari tangkai rotornya dan ku kembalikan pada posisi seharusnya. Yaitu agak jauh keluar dan tidak lagi bersentuhan dengan casing rotor.
9. Ku kembalikan kipas pada posisi semula lalu ku hidupkan kulkas. Alhamdulillah, kipas berputar sempurna. 
10. Sebelum ku tutup kembali dinding evaporato, Aku ambil segelas kran dan ku siramkan ke sel evaporator untuk melihat apakah  jalur pembuangan lancar. Ternyata air langsung terbuang kenampan pemuangan di bagian bawah kulkas. Berarti jalur pembuangan bagus dan tidak tersumbat.
11. Setelah yakin semua elemen berada di posisinya semula, ku tutup kembali dinding evaporator.
12. Kuhidupkan kulkas dan tunggu selama 10 menit.
13. Saat ku buka kulkas bagian bawah, udara dingin berhembus keluar. Itu artinya kulkas telah beroperasi seperti semula.

Itulah pengalaman ku memperbaiki kulkas Sharp 2 pintu yang bagian bawahnya tidak dingin. Jika teman-teman punya masalah yang serupa, bisa mempraktekkan cara diatas.

Memang terkadang penyebab kulkas bagian bawah tidak dingin itu sangat banyak, kipas yang tidak berputar adalah salah satunya. Tapi solusinya cuma satu, yaitu membuka dinding evaporator kulkas untuk menemukan penyebabnya.

Demikian, artikel tentang memperbaiki kulkas sharp 2 pintu yang bagian bawah tidak dingin. 
Semoga bermanfaat.
Terima kasih

NB: Pertanyaan seputar artikel ini bisa melalui komen di sini:
 https://www.facebook.com/399992400770362/posts/662812481155018/ 

loading...

Popular Posts